Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Kopi merupakan minuman yang paling digemari masyarakat di seluruh dunia, karena memiliki cita raya khas dan mampu membangkitkan gairah dan semangat baru bagi para penikmat kopi.

Dibalik kenikmatan kopi, ternyata menyimpan banyak manfaat jika mengkonsumsinya. Dengan catatan, menikmati kopi tidak boleh berlebihan, dosis kopi yang ideal adalah 3 cangkir kopi dalam setiap hari agar tidak mengakibatkan kecanduan. Kopi juga mengandung antioksidan dan senyawa lainya yang mampu mencegah penyakit Kanker dan penyakit-penyakit serius lainya.

Ternyata pada abad ke-9 kopi telah banyak digunakan oleh para Tabib di Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. dan dijadikan sebagai minuman berenergi hingga populer seperti sekarang ini.

Berikut 9 Manfaat Kopi Bagi Tubuh menurut Pakar Medis dan Kesehatan Modern: 

1. Mencegah Kanker Kulit
Kopi mampu mencegah kanker kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari, sehingga kita tidak perlu menggunakan cream pelindung sinar matahari. Cukup hanya meminum kopi sudah cukup.

Hal ini telah dibuktikan oleh  para peneliti di Brigham and Women's Hospital, Boston. Para peneliti percaya jika kandungan kafein dalam kopi mampu menghambat perkembangan kanker pada sel basal dalam kulit.  

2. Mencegah Kanker Payudara
Penelitian yang dilakukan Keiyo University di Tokyo, menemukan bahwa kopi menginduksi proteindalam payudara yang dapat mecegah barisan sel Kanker. Minum kopi saat wanita pasca-menopause mampu menurunkan reiko Kankerpayudara Non-hormonal yang sangat responsif, berdasarkan studi yang dilakukan di Swedia.nan

3. Mencegah Diabetes
Mengonsumsi kopi diketahui mampu meningkatkankadar SHGB ( Sex Hormon-Binding Globulin ) dalam darah, sehingga mengurangi resiko terserang penyakit Diabetes.

4. Mencegah Kanker Usus
Sebuah penelitian di Nation cancer Institute telah mempelajari kebiasaan orang Amerika yang mengkonsumsi kopi selama 15 tahun mmenemukan resiko 15% lebih rendah terkena Kanker Usus Besar.

5. Mencegah Kanker Prostat
Studi yang dilakukan di Harvard Scool Public Healt menunjukkkan bahwa pria yang gemar minum kopi perhari memiliki resiko lebih rendan untuk terserang penyakit Kanker Prostat. Hal ini bukan disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi, melainkan Asam Fenolat dan antioksidanlah yang memotong resiko Kanker Prostat.

6. Mencegah Kanker Endometrium   
Kanker Endometrium adalah sejenis kanker rahim yang biasa dialami wanita usia antara 60-70 tahun. Wanita pasca-menopause yang rutin minum dua cangkir  kopi atau lebih perhari, memiliki resiko Kanker endometrium lebih rendah.

7. Mencegah Kanker Hati
Studi di University Of Minnesota menemukan bahwa asupan kopi mampu mengurangi karsinoma hepatoseluler, Jenis kanker hati yang paling umum.

8. Mencegah kanker Mulut
Menurut Peneliti di Inggris, kafein dalam kopi mampu mengurangi resiko kanker pada rongga mulut dan faring.

9. Mengurangi Depresi
Kopi dapat menghindarkan anda  dari perasaan tekanan, sebagaimana dari laporan hasil studi yang diikuti oleh 50.000 wanita antara 35-50 tahun, orang yang mengonsumsi Kopi dapat terhindar dari depresi hingga 15%. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang terkandung dalam kopi mampu membuat seseorang lebih aktif dan selalu waspada.

Manfaat kopi yang telah telah dituliskan di atas berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka dunia. Jadi, bagi anda penikmat kopi mania atau yang baru ingin mencoba nikmatnya kopi, jangan takut...!! karena didalam satu cangkir kopi memiliki segudang manfaat bagi tubuh anda..




     Sumber: www.wikipedia.com
                  www.health.detik.com