Benarkah Minum Kopi Bikin Panjang Umur?

Ini merupakan kabar baik bagi penggemar kopi. Setidaknya minum tiga cangkir kopi hangat setiap harinya, selain mampu memberikan energi, kopi juga akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh terhadap penyakit, sehingga mengurangi resiko serangan jantung.

Pengaruh seringnya minum kopi dan manfaat kopi terhadap umur seseorang ditemukan oleh para peneliti di Universitas Of Athens. Dari hasil penelitian para ahli telah dirilis dalam kongres The European Society Of Cardiology di Stockholm.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kopi yang di minum setiap hari dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang efeknya dapat mencegah serangan jantung, dikutip dari ( TIMES OF INDIA ).

Mereka mendasarkan atas penemuan pada analisis terhadap 485 orang yang memiliki tekanan darah tinggi berusia 65 sampai 100 tahun di pulau Ikraina, Yunani. Dipulau ini terkenal oleh masyarakat luas sebagai pulau 'Panjang Umur' karena sepertiga penduduknya mencapai usia lebih dari 90 tahun.

Dr. Christina Chrysohoou yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, ada bukti yang bertentangan dengan pengaruh minum kopi terhadap kesehatan jantung. Sebab, dari beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa minum kopi akan memperburuk tekanan darah tinggi.

" Tapi minum kopi telah tertanam dalam budaya Yunani, sehingga penting untuk meneliti pulau ini mengenai harapan hidup penduduknya," Katanya.

Studi ini memfokuskan untuk meneliti pembuluh darah sebagai objek penelitian, diteliti kekenyalan dan elastisitasnya. Sekitar 56 persen penggemar kopi kategori sedang, yakni minum kopi satu sampai dua cangkir dalam sehari. Hasilnya, kesehatan pembuluh darah mereka dalam kondisi baik, sama seperti orang berusia muda. Arteri mereka lebih elastis dibandingkan yang lebih sedikit meminum kopi atau tidak sama sekali meminum kopi.

Sementara itu, satu dari 10 orang yang mengkonsumsi tiga atau lebih kopi dalam sehari , menurut penelitian tersebut, paling rendah elastisitas pembuluh darahnya.

Dr. Chrysohoou menambahkan penggemar kopi rata-rata mengkonsumsi 25-50 ml kopi dalam sehari. Minum kopi Yunani atau jenis kopi lainya, kata dia manfaatnya sama. Yan perlu anda ketahui, kopi yang sebaiknya diminun adalah kopi tanpa tambahan gula atau susu. Sehingga khasial optimalnya dapat dirasakan.