PROFESI ADMINISTRATOR JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer sendiri terus mengalami perkembangan, baik dari segi skalabilitas, teknologi, perangkat keras yang dipakai  maupun service lain yang diberikan. Jaringan komputer membawa banyak dampak positif  bagi perkembangan umat manusia. Komunikasi jarak jauh menjadi mudah dilakukan dengan adanya internet. Berbagai transaksi bisnis pun banyak yang dilakukan dengan menjalankan bisnis secara online. Akan tetapi, jaringan komputer dan internet juga taklepas dari sisi negatif. Banyaknya situs-situs pornografi di internet merupakan hal yang tak bisa dihindari. Kejahatan yang dilakukan melalui dunia maya juga semakin merajalela, banyaknya hacker-hacker nakal yang menggunakan sarana internet sebagai ladang untuk mencari keuntungan dengan menjebol ATM dan lain-lain sehingga merugikan orang lain baiksecara moril maupaun materil.
           
            Seorang administraator jaringan memegang peranan penting dalam sebuah jaringan komputer. Keamanan jaringan dan lancarnya service yang berjalan  tergantung kepada profesionalisme dan treatment yang dilakukan. Untuk mendapatkan jaringan komputer yang tangguh, diperlukan seorang administrator jaringan yang sangat memahami cara kerja jaringan dan berpengalaman. Besarnya tanggung jawab yang harus di emban oleh seorang administrator jaringan mengharuskan ia mengerti dan paham tentang sistem kerja perangkat lunak, perangkat keras, protokol jaringan, servise yang ada di jaringan, manajemen jaringan dan keamanan jaringan. Seorang administrator jaringan dituntut untuk mampu mendesain jaringan komputer, memilih perangkat keras, menentukan media transmisi, memilih sistem operasi server dan klien, dan menentukan service yang ada pada jaringan komputer yang ditanganinya.

            Untuk menjadi seorang administrator IT yang memiliki sikap profesionalisme yang tinggi, maka para pelaku administ harus mampu memiliki jiwa dan kepribadian yang disiplin serta mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Dengan sikap profesionalisme seorang administrator IT diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang diharapkan.

            Profesi sebagai administrator IT di bidang jaringan yang profesional itu tidaklah mudah, ada langkah-langkah yang harus dilalui diantaranya adalah mengikuti pelatihan-pelatihan khusus  ataupun masuk ke perguruan tinggi dan memilih jurusan teknologi infofmasi dan komputer. Sikap profesionalisme jika tidak diimbangi dengan kerja keras dan semangat yang tinggi akan mustahil diperoleh.

            Ada beberapa profesi yang tercakup di bidang jaringan komputer. Namun penamaannya seringkali terlalu tinggi dan muluk-muluk hingga akhirnya justru tidak menggambarkan pekerjaan yang sebenarnya. Diantaranya adalah Network Administrator, Network (System) Engineer, Network (Service) Technician, Network Programmer/Analyst dan Network Information System Manager.

             Yang harus diketahui oleh seorang administrator jaringan sebagai dasar pegangan adalah sebagai berikut:
  1. Protokol Jaringan
Protokol dalam sebuah jaringan adalah kumpulan peraturan yang mendevinisikan bagaimana cara informasi ditransmisikan melalui jaringan. Ada empat macam protokol jaringan, yaitu IPX/SPX, TCP/IP, UDP dan Apple Talk.

  1. Perngkat Keras Jaringan

Perangkat keras jaringan terdiri dari workstation,ponsel, laptop, PDA, PC tablet, Thin client, Bare Bone, Network Interface card (NIC), media transmisi kabel dan  radio.

  1. Perangkat Bantu Jaringan
Terdiri dari:  Repeater, Bridge, Hub, Switch, Router, Proxy, Gateway, Acces Point, dan Satelite Dish.

  1. Sistem Operasi Jaringan
Sistenm operasi merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam suatu jaringan. Pemilihan sistem operasi yang tepat, baik pada server ataupun workstation akan memberikan kinerja yang optimal bagi suatu jaringan. Tidak semua sistem operasi dijadikan server, begitu pula sebaliknya.

  1. Perangkat Lunak Bantu
Perangkat lunk bantu adalah aplikasi-aplikasi pendukung pad jaringan. Beberapa aplikasi ini bahkan dapat berfungsi seperti perangkat kerasnya. Sebagai contoh adalah perangkat lunak Proxy atau Router/Gateway yang dapat menggantikan fungsi perangkat kerasnya. Penggunaan Proxy atau Router/Gateway jauh lebih hemat jika dibanding harga suatu perangkat keras router atau proxy.

  1. Sistem Koneksi
Di dalam teknologi koneksi, dianut dua macam prinsip koneksi, yang umum digunakan adalah koneksi hubungan Peer to Peer dan hubungan Klien Server.

  1. Layanan Jaringan
Layanan pada suatu jaringan sngat bermacam-macam. Keberadaan suatu jaringan dapat memberikan nilia tambah dan meningkatkan produktifitas dari sebuah komputer. Layanan atu service dapat diperoleh dengan mengakses suatu server yang ada dalam jaringan. Bentuk dari layanan ini bermacam-macam tergantung dari erver yang kita akses.

  1. Manajemen Jaringan
Manajemen jaringan merupakan salah satu hal yang harus dipelajari dn dipahami untuk mendapatkan jaringan komputer dengan unjuk kerja yang bagus, profesional dan tepat. 
      Manajemen jaringan meliputi manajemen resource jaringan, manajemen user account dan manajemen media penyimpanan. Manajemen mutlak diperlukan supaya diperoleh suatu jaringan komputer yang efesien dan efektif, akses cepat dan tertata dengan baik.
  1. Keamanan Jaringan
Untuk mengamankan jaringan komputer dan internet