Macam-Macam Cara Menghidangkan Kopi

Kopi Susu
Indonesia merupakan negara penghasil kopi arabika kualitas terbaik dunia. Tak heran jika disetiap daerah telah tersebar bayak warung kopi yang khusus menyediakan menu kopi sebagai minuman yang paling banyak digemari.

Seperti halnya di Aceh, banyak warkop yang menyediakan minuman kopi tarik, Jogja dengan kopi Jos dan kopi tubruk di malang. Dari kebiasaan penyajian kopi oleh masyarakat membuat kopi menjadi minuman yang paling digemari.

Adapun penyajian kopi yang paling banyak digemari kebanyakan cara penyajianya diadopsi dari para grender luar negeri, terutama Italia yang sangat terkenal sebagai negara penikmat kopi.

Kopi Espresso
Biasa di sebut normale di Italia, normale adalah jenis kopi yang paling populer. Merupakan air kopi murni dengan warna hitam dan kental, dan menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Biasa diminum dengan atau tanpa gula.

Kopi Machiato
Machiato memiliki arti ternodai. Merupakan kopi Espresso yang dicampur dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. namun jika penyajianya dengan cangkir yang lebih besar namanya menjadi Cappuccino.

Caffe Latte
Caffe Latte atau dalam bahasa Indonesia disebut kopi susu. Merupakan espresso yang ditambahkan dengan atau tiga kali takaran susu dari teko besar yang biasanya disediakan di bar.

Kopi Cappuccino
Kopi Cappuccino merupakan Espresso yang ditambahkan susu panas yang dibusakan. Merupakan muniman classic untuk sarapan orang italia yang dipercaya lebih ‘berat’, komposisi terbaiknya terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga busa susu yang pekat. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari susu cangkir espresso biasa. Biasanya diminum dengan gula.

Kopi Marachino
Konon kopi khas orang Maroko yang mempunyai banyak penggemar di Milan. Sebenarnya merupakan espresso ditambah busa susu panas dan taburan coklat diatasnya. Disajikan dalam cangkir kecil.